Jumat, 19 Mei 2017

Jatapa Kampung Kecil Sejuta Cerita

Jatapa Kampung Kecil Sejuta Cerita

Kampung jatapa adalah suatu perkampungan yang terletak di daerah pengunungan di Rt 19 Rw 04 Desa Giriwangi Kecamatan gunungtanjung Tasikmalaya.



Kampung ini terletak dan di himpit beberapa gunung yang tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Gunung tersebut sering di pakaian oleh beberapa pendaki yang bersal dari perkotaan khususnya dari kota Tasikmalaya.

Pada tahun 2007 aliran litrik baru masuk ke kampung ini padahal akses kampung ini dari kota tidak begitu jauh haya bejarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota tasikmalaya.


Semua orang yang tinggal di kampung jatapa ini bermayoritas agama islam dan kesehariannya adalah petani. Namun tidak sedikit orang yang pergi ke kota (merantau) dan mengadu nasib.

Sehari-hari biasanya penduduk kampung jatapa ini disibukan dengan mengurus ladang atau sawahnya masing-masing. 

Hal yang paling menarik dari kampung ini konon katanya kampung ini dulunya merupakan tempat para leluhur besemedi atau tapa. Ada suatu tempat yang tidak sembarang orang bisa masuk ke tempat tersebut dan sampai sekarang tempat itu masih dipercaya sebagai tempat yang suci atau sakral.

Tidak banyak orang yang mengetahui hal ini, namut setelah adanya berita dan beredar bahwa di kampung jatapa ini memiliki tempat itu, ada beberapa orang yang datang ketempat itu, seperti halnya mendoakan para leluhur.

Dan tahukan anda bahwa di kampung ini memiliki bedug yang umurnya sudan puluhan tahun yang terbuat dari kayu dan tersimpan di pinggir masjid, dan sampai sekarang bedug tersebut masih bisa digunakan.

Seajarah mengatakan bahwa nama kampung ini di ambil dari seseorang yang bernama wangun tapa yang hidup pada jaman dulu, yang masih melakuka pertapaan atau mencari ilmu dan dikabarkan meninggal di sana lalu dinamakanlah kampung itu dengan sebutan jatapa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar